Enjoy in this blog

Sejarah Perkembangan Komputer Singkat

Posted by : Unknown
 SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER


Mengenal lebih dekat tentang sejarah perkembangan komputer dari awal sampai akhir mulai generasi pertama sampai generasi kelima. Di era modern seperti sekarang siapa yang tidak tau komputer..??Menurut saya hampir semua orang saat ini telah mengenal dunia komputer. Tetapi kebanyakan orang tidak mengetahui sejarah perkembangan komputer maka dari itu saya, akan membahas sejarah perkembangan komputer.


Pengertian Komputer secara umum bisa di artikan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama dan terkoordinasi di bawah kontrol suatu program dengan kemampuan dalam menerima data (input) kemudian mengolah data (proses) tersebut dengan menghasilkan informasi (output).



Komputer adalah suatu alat atau mesin yang mampu melakukan pengolahan data menurut instruksi atau program yang diberikan. Pengertian komputer atau definisi komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda-beda menurut setiap orang. Istilah Komputer dalam bahasa inggris disebut computer diambil dari bahasa latin yaitu computare yang artinya menghitung. Kata computare semula digunakan sebagai sebutan seseorang yang pekerjaannya melakukan perhitungan arimatika, menggunakan alat bantu atau pun tidak, namun arti kata itu dipindahkan kepada alat mesin tersebut.
Pada tahun 1646 menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology kata tersebut digunakan sebagai kata untuk 'orang yang menghitung' dan pada tahun 1897 juga digunakan untuk 'alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia ke II kata tersebut lebih digunakan untuk wanita amerika serikat dan inggris yang bekerja menghitung artileri perang dengan mesin penghitung.  Berikut ini adalah sejarah perkembangan komputer dari generasi ke generasi:
1.Abacus
Muncul di Asia sekitar 5000 tahun yang lalu. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan penghitungan menggunkan biji-bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abcus untuk menghitung transaksi perdagangan.

2.Kalkulator Roda Numerik 1
Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi pada tahun 1642, Blaise Pascal, alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan terbatas untuk melakukan penjumlahan.

3.Kalkulator Roda Numerik 2
Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf jerman, Gotffred Wilhem von Leibniz, memperbaiki pascaline dengan dapat melakukan perkalian untuk perhitungan.

4.Kalkulator Mekanik
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar, yaitu Penjumlahan, Perkalian, Penjumlahan, dan  Pembagian. Dan benda ini banyak digunakan pada Perang Dunia 1.



5. Komputer Generasi 1 (1940-1959
 
Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC) merupakan generasi pertama komputer digital elektronik yang digunakan untuk kebutuhan umum. Pgamroposal ENIAC dirancang pada tahun 1942, dan mulai dibuat pada tahun 1943 oleh Dr. John W. Mauchly dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946. Selain ENIAC ada juga Electronic Discrate Variable Automatic Computer (EDVAC), Electronic Delay Storage Automatic Calculator (EDSAC), dan Universal Automatic Computer (UNIVAC).
Ciri-Ciri:
*Menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data
*Mudah panas
*Menggunakan bahasa mesin
*Kapasitasnya kecil dan terbatas
* Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar

6. Komputer Generasi 2 (1959-1964)
Pada Tahun 1956, pada saat itu dikembangkan IMB 1401.
Ciri-Ciri:
*Sudah menggunkan transisitor untuk sirkuitnya
*Menggunkan bahasa tinggi, seperti Fortran, Cobol, dan Algol
*Tidak membutuhkan listrik yang besar

7.Komputer Generasi 3 (1964-Awal tahun 1980)
Adapun contohnya:
NRC Sentury

8.Komputer Generasi ke 4 (Awal 80an-???)
Tujuan dari pengembangan ini adalah mengecilkan komponen-komponen sirkuit elektrik. Large Scale Intergration (LSI).
Ciri-Ciri:
*Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel (Intel 8080)
*Mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergartion) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).
*Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface).


9.Komputer Generasi 5 (Sekarang-Masa Depan)
 Sejarah komputer generasi V dikembangkan sejak tahun 1985, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
*Di Jepang didirikan ICOT (Institute for new Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
*Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language (bahasa sehari-hari).



Oke Cukup Sekian dari Saya, kurang lebihnya mohon maaf bila ada informasi yang kurang akurat dan sampai jumpa di pembahasan mengenai komputer dsb.
Selasa, 08 Desember 2015

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Find Us On Facebook

About Me


Blogger Pages

Satistik

Recent Posts

Copyright © 2012 TKJ | Naruto Vs Sasuke V2 Theme | Designed by Johanes DJ